SD IT Al Fatih lakukan Simulasi Evakuasi Mandiri Gempa Bumi

BENER MERIAH –  SD IT Alfatih melakukan kegiatan simulasi evakuasi mandiri gempa bumi dengan melibatkan kurang lebih 50 orang siswa/i. Sabtu (11-03-2023)

Kegiatan ini difasilitasi oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh dan di dukung oleh relawan Forum Pengurangan Risiko Bencana Aceh dari Poltekkes Kemenkes Aceh yang berkebetulan sedang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) terpadu di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah.

Kegiatan diawali dengan sosialisasi terkait Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) yang disampaikan oleh Rizki Wan Oktabina selaku Fasilitator SPAB yang juga merupakan Wakil Sekretaris I Forum PRB Aceh. Sedangkan materi terkait gempa bumi disampaikan oleh Tuah Salsanabila dan Nelvi Ramadhani serta materi terkait pertolongan gawat darurat sederhana disampaikan oleh Nadia Mukaramah, Liza Monalisa dan Liwaul Hamdi.

Baca Juga Artikel ini :  Mosi Tidak Percaya, Warga Kisruh di Kantor Reje Pasar Simpang Tiga

Dalam pelaksanaan simulasi diawali dengan bunyi sirine sebagai pengganti gempa. Siswa kemudian melakukan upaya penyelamatan diri di dalam kelas dengan melindungi kepala dan bersembunyi di bawah meja. Setelah gempa selesai seluruh siswa melakukan evakuasi ke titik kumpul secara tertib.

Dalam skenario simulasi terdapat 4 (empat) siswa yang mengalami cedera yang kemudian dengan sangat terampil Tim Siaga Bencana SD IT Al Fatih dibantu oleh dewan guru melakulan pertolongan pertama.

Baca Juga Artikel ini :  MUSDA PPI Kabupaten Bener Meriah ke 3 Tahun 2023

Ketua Pelaksana kegiatan Leoni Regina Musta menyatakan bahwa sangat penting untuk memberikan edukasi sedini mungkin kepada para siswa terkait kesiapsiagaan bencana.

“Setelah gempa tsunami 2004,  Aceh mengalami lagi gempa pada tahun 2013 di Aceh Tengah-Bener Meriah dan 2016 di Pidie Jaya. Kita sadari bahwa Aceh sangat rawan terhadap gempa, jadi sangat penting untuk memberikan edukasi kebencanaan kepada siswa” jelas Leoni.

Baca Juga Artikel ini :  Dalam Kunjungan Presiden , Kapolres Bener Meriah Kirim  50 BKO ke Pidie Jaya

Nurrahmah,S.Ag, Kepsek SD IT Alfatih Bener Meriah menyampaikan bahwa kegiatan sangat bermanfaat buat anak-anak. Sosialisasi bencana yg dipaparkan sedemikian detailnya dari para relawan yang berasal dari Poltekkes Kemenkes Aceh menjadikan siswa paham bagaimana bencana dan cara meng mengantisipasi jika sewaktu2 bencana seperti Gempabumi terjadi

“Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan menjadi agenda rutin di sekolah, selain itu SD IT Alfatih siap menjadi model SPAB di Bener Meriah” tutup Nurrahmah.(*)

Penulis: *