Program Sekolah Belangi pemda Bener Meriah kirim  5 Camaba ke Polbangtan Medan

BENER MERIAH – Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si hari ini melakukan Focus Grup Discussion (FGD) dengan Politeknik Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (POLBANGTAN) Medan, bertempat di Ballroom Hotel Four Point, Kota Medan. (13/03/2023).

FGD tersebut dilakukan dalam rangka Penerimaan Mahasiswa oleh POLBANGTAN melalui jalur kerjasama Pemerintah Daerah,  dengan program Studi Teknologi Produksi tanaman Perkebunan (TPTP) Kelas Peminatan Kopi.

Bener Meriah salah satu Daerah penghasil Kopi, meminta kuota 5 orang calon mahasiswa pada tahun ajaran 2023/2024, sebagaimana disampaikan Pj Bupati Haili Yoga pada Forum itu.

Baca Juga Artikel ini :  Usai Dzikir dan Do'a Bersama, Pj Bupati Bener Meriah Bersama Forkopimda Keliling Pantau TPS 

“ Kami sangat mengapresiasi terjalinnya kerjasama ini, sebagai Daerah penghasil kopi kami berharap dapat mempersiapkan Sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengelola perkebunan kopi dimasa mendatang, tentunya generasi yang memiliki pengetahuan akademis dan pengetahuan teknis yang mumpuni”, jelasnya

Ia menambahkan, “ kami berharap tahun ini dapat kami kirimkan 5 orang Calon Mahasiswa Baru (Camaba) dari Kabupaten Bener Meriah, guna menempuh pendidikan di POLBANGTAN Medan ini, tentunya dengan skema beasiswa penuh dari kementerian Pertanian sebagaimana disebutkan Ibu direktur POLBANGTAN medan”, harap Pj Bupati Bener Meriah itu.

Baca Juga Artikel ini :  Muyerah Ni Anak Ku Tengku Guru Prosesi Adat di SMP Negeri l Wih Pesam

Sebelumnya, Direktur POLBANGTAN Medan Ir. Yuliana Kansrini, M.Si menjelaskan, bahwa kelas kerjasama ini dalam rangka mendukung Pemerintah Daerah mengembangkan potensi SDM-nya untuk mengelola komoditi kopi sebagai Daerah penghasil, ia juga menjelaskan, nantinya Camaba dengan skema ini akan diterima tanpa tes, sesuai rekomendasi Pemerintah Daerah.

FGD itu juga diisi oleh Prof. Dr. Hamdani Harahap, selaku Ahli Kopi, serta dari Pemda Bener Meriah juga diikuti oleh Kepala Dinas Pertanian, Ir. Abadi.

” Penerimaan melalui Program sekolah Belangi”

Usai mengikuti FGD, melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Ruslan Ramadhan, S.STP, Pj Bupati Bener Meriah menyebutkan bahwa penjaringan Beasiswa bagi siswa/siswi akan dilakukan melalui program sekolah Belangi.

Baca Juga Artikel ini :  Jum'at Berkah,163 Yatim Piatu Bener Meriah Menerima Santunan di Masjid Agung Babussalam

“ Politeknik Penyuluhan dan Pengembangan Sumber daya pertanian Medan memberikan kewenangan kepada daerah untuk melakukan penjaringan calon Mahasiswa baru yang direkomendasikan, tentu ini sejalan dengan program sekolah Belangi Pemda Bener Meriah yang sedang berjalan saat ini”, Sebut Ruslan.

Ia menambahkan, “ melalui program sekolah Belangi Pemda Bener Meriah akan melakukan penjaringan minat dan bakat siswa/siswi yang akan melanjutkan di sekolah milik kementerian pertanian tersebut”, Tutupnya.( * )

Penulis: Rel