Pj Bupati Bener Meriah Serahkan Bantuan Untuk Korban Amukan Kawanan Gajah Liar

BENER MERIAH – Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga menyerahkan bantuan untuk sejumlah masyarakat yang menjadi korban amukan kawanan gajah liar di Kampung Pancar Jelobok, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten setempat.

Bantuan tersebut, diberikan oleh Pemkab Bener Meriah, lantaran warga tidak berani beraktifitas menggarap lahan milik mereka karena adanya kawanan gajah yang berkeliaran di dekat Kampung Pancar Jelobok. Bahkan, sebelumnya dilaporkan ada beberapa rumah warga yang sempat dirusak oleh hewan dilindungi itu.

Baca Juga Artikel ini :  Pelatihan ICT Kepala Sekolah dan Guru Tingkat SMP se Bener Meriah di Hotel Renggali

Untuk memastikan kondisi masyarakat yang terdampak, Pj Bupati Haili Yoga, Jumat (17/2/2023), terjun langsung ke Desa Pancar Jelobok, Kecamatan Timang Gajah. Selain melihat kondisi warga yang resah akibat adanya gajah liar, orang nomor satu di Kabupaten Bener Meriah ini, juga membawa bantuan.

Sebelumnya, warga yang bermukim di kawasan dekat dengan kawanan gajah liar meminta kepada pemerintah setempat, agar gajah-gajah tersebut dipindahkan ke daerah penangkaran gajah yang ada di Saree. Permintaan lainya, masyarakat memohon dipasang pagar kejut listrik yang berada di perbatasan Bener Meriah, Bireuen dan Aceh Utara.

Baca Juga Artikel ini :  Hasil Rapat Pleno, KIP Bener Meriah Tetapkan 25 Kursi Dewan Terpilih 2024

Permohonan warga itu, langsung direspon oleh Pj Bupati Haili Yoga, dengan menyampaikan kondisi itu, ke pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh. Bahkan mulai tgl 22 Pebruari, antara BKSDA dan CRU Aceh akan memulai bekerja untuk proses penggiringan gajah liar.

Untuk penanganan sementara,  Pj Bupati Bener Meriah, Haili Yoga,  telah menyalurkan bantuan logistik untuk 30 kepala keluaga. Sedangkan untuk menenangkan masyarakat, tim dari BKSDA, dan personel CRU akan melakukan patroli di seputaran Kampung Pancar Jelobok.

Baca Juga Artikel ini :  Untuk Menjaga dan Memelihara Bahasa Gayo, 70 Guru Master Ikut Pelatihan 

“Alhamdulillah, gajah liar tidak ada lagi di dekat Kampung Pancar Jelobok, tetapi sudah berpindah ke kawasan Kampung, Belang Rakal, Kecamatan Pintu Rime Gayo,” kata Leader CRU Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan, Bahtiar. (Rel)

Penulis: rel