Pemkab, Pelajar dan Masyarakat Semarak Menyambut Kirab Obor Api PON XXI Aceh-Sumut di Bener Meriah

BENER MERIAH – Ribuan masyarakat dan pelajar antusias menyambut kehadiran kirab obor api PON ke XXI Aceh-Sumut yang tiba di Kabupaten penghasil kopi terbaik dunia, Rabu (04-09-2024).

Rombongan kirab api PON XXI Aceh-Sumut yang di sambut di perbatasan Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah tampak disaksikan masyarakat di sepanjang jalan nasional Takengon-Bireuen.

Setiba di Simpang Teritit, arak-arakan api PON langsung mengarah ke jalan Simpang 4 Rumah Sakit Umum Daerah Muyang Kute sebagai titik cek poin kedatangan.  Di lokasi cek poin tersebut tampak antusias masyarakat dan pelajar menyambut arak-arakan pembawa api PON yang telah memenuhi kanan kiri badan jalan tidak hanya itu arak-arakan juga disambut dengan penampilan marching band dari SMAN 1 Bukit.

Di lokasi cek poin kedatangan obor api PON XXI Aceh-Sumut yang sebelumnya di arak dari Kabupaten Aceh Tengah diserahkan kepada Pj. Sekda Bener Meriah Riswandika Putra, S.STP., M.AP dan selanjutnya di serahkan kepada M.Gajali pelari legen asal Kabupaten Bener Meriah di era Tahun 1988 untuk di arak menuju Kantor Bupati Bener Meriah guna pelaksanaan upacara kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut.

Baca Juga Artikel ini :  Pedestrian Way Jadi Pusat Pasar Takjil di Bulan Ramadhan

Di kantor Bupati Bener Meriah, Tim kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut disambut dengan tarian adat Gayo Tari Munalo yang di tampilkan oleh murid-murid dari SDN 2 Puja Mulia. Api PON kemudian diserahkan oleh pelari legen kepada Pj. Bupati Bener Meriah Ir. Mohd Tanwier, MM untuk di nyalakan ke tungku api yang telah di sediakan. Selanjutnya prosesi upacara kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut dilaksanakan.

Sementara itu, pelaksanaan upacara kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut di kantor Bupati Bener Meriah tampak berjalan khidmat. Bertindak sebagai inspektur upacara Pj. Bupati Bener Meriah Ir. Mohd Tanwier, MM, sebagai perwira upacara Teguh Wan Pribadi, S.STP., M.Si, Komandan upacara Saprijal, S.Tr.IP, sebagai pembaca bunga rampai PON XXI Aceh-Sumut oleh Pj. Sekda Bener Meriah Riswandika Putra, S.STP.,M.AP. Peserta upacara kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut di ikuti unsur Forkopimda- Forkopimda Plus Bener Meriah, unsur  SKPA, SKPK, ASN, Pelajar, para ketua Organisasi Wanita, para organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan.

Baca Juga Artikel ini :  49 Kampung di Kabupaten Bener Meriah Akan Melakukan Pilkades Serentak

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Bener Meriah Ir. Mohd Tanwier, MM menyampaikan, sebagai warga Kabupaten Bener Meriah momen ini adalah momen membanggakan, dimana Tim kirab obor api PON XXI Aceh-Sumut telah menjajakan kakinya di bumi Bener Meriah. Ini akan menjadi catatan emas sejarah, bahwa kobaran api PON pernah mewarnai perjalanan hidup Kabupaten Bener Meriah.

“Tidak dapat dipungkiri, pelaksanaan PON menjadi sebuah cita-cita seluruh daerah di Indonesia, karena event ini tidak hanya dikenal sebagai event olahraga yang paling bergengsi di tingkat Nasional, akan tetapi lebih dari itu, event ini akan melahirkan rasa persaudaraan yang kuat, menumbuhkan rasa persaudaraan, dan yang paling penting event ini akan melahirkan generasi yang cinta tanah air, dalam semangat kebhinekaan,” ucapnya.

Baca Juga Artikel ini :  Cepat Tanggap, Tim HAMAS Tancap Gas Beri Bantuan Korban Kebakaran di Aceh Tengah

Mohd Tanwier juga berharap pelaksanaan event PON XXI Aceh-Sumut harus menjadi sebagai ajang promosi di Kabupaten Bener Meriah. ” Mari kita kenalkan beragam potensi yang kita miliki, mari kita tunjukan keramahtamahan budaya kita, serta mari kita sambut pelaksanaan PON dengan penuh suka cita.

Mari kita sukseskan pelaksanaan PON XXI di Kabupaten Bener Meriah, khusunya pelaksanaan cabang olahraga Aerosport Gantole. Mari kita warnai dengan beragam kegiatan sehingga siapapun yang hadir di Bener Meriah ini akan tetap mengenang momen bersejarah ini,” demikian Pj. Bupati Bener Meriah Ir. Mohd Tanwier, MM.

Setelah prosesi upacara obor api PON XXI Aceh-Sumut selanjutnya api PON di arak dari kantor Bupati Bener Meriah menuju ke simpang 4 Pendopo Bupati Bener Meriah sebagai titik cek poin pelepasan untuk dilanjutkan menuju Ke Kabupaten Bireuen.(*)