Pemkab Bener Meriah Gelar Sidak Harga Kebutuhan Pokok Di Pondok Baru

BENER MERIAH – Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di sejumlah pasar di daerah itu, terkait dengan harga kebutuhan pokok. Ada dua pasar yang menjadi sasaran Sidak yang dilaksanakan Selasa (21/2/2023) diantaranya Pasar Simpang Tiga, Kecamatan Bukit dan Pasar Pondok Baru, Kecamatan Bandar.

Sidak tersebut, melibatkan sejumlah unsur diantaranya Asisten II Kabupaten Bener Meriah Sayutiman, SE.MM, Kepala Bagian Ekonomi Setdakab, Mahdi Baihaq,S.Pd, Pimpinan Cabang Pembantu Bulog Takengon Jairi Yuardi Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan WH Kabupaten Bener Meriah.

Baca Juga Artikel ini :  Kedekatan Emosional Kekeluargaan, Hantarkan Junaidi Ke Kursi Dewan

Kabag Perekonomian Setdakab Bener Meriah Mahdi Baihaq mengatakan sidak kali ini difokuskan pada persedian pendistribusian hingga harga sembako yang saat ini masih dalam kategori aman dan tidak ada penyimpangan.

“Pantauan kita, selama ini tidak ada penyimpangan-penyimpangan terkait dengan persedian sembako. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena kondisinya masih dalam kategori aman. Mudah-mudahan sampai menjelang puasa dan Idul Fitri tidak terjadi apa-apa,” kata Mahdi.

Sekretaris Dinas Perdagangan, Kabupaten Bener Meriah, Zulfikar Ahmad, ST menambahkan, kebutuhan beras  untuk Kabupaten Bener Meriah, sebesar  2.054 ton/ bulan.  Sejauh ini operasi  pasar yang dilakukan pihak Bulog untuk Kabupaten Bener Meriah sekitar 100 ton/bulan.

Baca Juga Artikel ini :  AMG Kecewa Atas Kinerja Satpol PP/WH Aceh Tengah Atas Pembiaran Perjudian dan Penjualan Miras

“Jika kita bisa menambah operasi pasar menjadi 200 ton/bulan, maka kita bisa mengintervensi pasar dan harga jual bisa menjadi lebih murah. Tentu itu dapat membantu menekan inflasi di Kabupaten Bener Meriah,” sebut Zulfikar Ahmad.

Menurutnya, dalam kegiatan Sidak harga kebutuhan pokok di dua pasar lokal, ditemukan masih adanya beberapa pedagang yang belum bermitra dengan Bulog. “Harapan saya, kedepannya kepada pedagang, ayolah kita bermitra dengan Bulog karena pedagang juga akan di untungkan,” tuturnya.

Baca Juga Artikel ini :  Luar Biasa, Iptu Taufik Kurniawan Kapolsek Permata Kunjungi Tempat Keramaian Bersama Personil

Dari hasil sidak di dua pasar tersebut, stok dan harga masih terkendali.  Terutama beras medium  harga 12.000/kgnya, minyak goreng curah 13.800/liter.  Minyak kita 14.000;/liter, gula pasir 14.000/kg. Beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP)  Bulog,  9.950/kgnya. Cabai merah 35.000/kg, cabe rawit, 35.000/kg, bawang merah 30.000 /kg. (Rel)

 

Penulis: Rel