NGERI..! 27 Pasien ODGJ Dirawat di RSUD Munyang Kute, 60 Persen Akibat Narkoba 

BENER MERIAH – Maraknya Orang Dalam Ganggu Jiwa (ODGJ) dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Munyang Kute, Kabupaten Bener Meriah sebanyak 27 pasien.

Dokter spesialis jiwa RSUD Munyang Kute, Dr Insan Sarami Artanoga mengatakan, saat ini sebanyak 27 pasien ODGJ sedang jalani rawat inap di RSUD Munyang Kute “Dari 27 pasien tersebut, 16 pasien laki-laki sisanya pasien perempuan,”kata dr Insan, Senin (9-10-10)

Baca Juga Artikel ini :  Kesbangpol Bener Meriah Sosialisakan  Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

Katanya, sebanyak 60 persen pasien tersebut ODGJ lantaran mengkonsumsi narkoba, 20 persen karena ekonomi, dan 20 persen akibat konflik Aceh.

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) pada besok, di imbau untuk generasi muda agar mampu mengendalikan diri agar tidak terjerumus dalam dunia narkoba.

“Dampaknya bukan hanya untuk diri sendiri saja melainkan ke keluarga, masyarakat dan lingkungan,”ujarnya.

Baca Juga Artikel ini :  RSUD Muyang Kute dengan Dinkes Bener Meriah Tanda Tangani MoU  Jejaring Rujukan Layanan

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bener Meriah, Ir Mahmuddin mengatakan, akhir-akhir ini memang marak ODGJ di daerah ini, bahkan beberapa waktu lalu ada salah satu ODGJ sempat melakukan pembunuhan terhadap warga di Kecamatan Wih Pesam.

“Kita dari Dinas Sosial selama ini telah menangani beberapa ODGJ yang terlantar yang datang dari daerah luar, kita pulangkan ke daerah asalnya berkoordinasi dengan Dinas Sosial daerah asalnya tersebut,”ujar Mahmuddin.

Baca Juga Artikel ini :  SD IT Al Fatih lakukan Simulasi Evakuasi Mandiri Gempa Bumi

Seminsal kita tidak menemukan indentitas ODGJ itu, kita bawa ke Disdukcapil untuk memastikan ia terekam sebagai warga mana. Kalau tidak terbaca baru Disdukcapil membuatkan KTP ODGJ tersebut sebagai syarat untuk di bawa ke RSUD.

“Kita mengimbau kepada keluarga pasien ODGJ untuk mengawasi agar tidak berkeliaran sehingga meredakan warga,”pinta Mahmuddin.(*)