Mengupas Cerita Sosok Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan yang Menjabat Dandim Baru  0119 BM

Foto Istimewa,Doc gayopostnews.com

BENER MERIAH –  Sebagai prajurit TNI, Ino Dwi Setyo Darmawan sudah bertugas banyak tempat di Indonesia mulai dari Papua, Sumatera Utara, dan Pertama sekali, dia bertugas di Kodam 16 Pattimura tahun 2003, sekitar 10 tahun lalu.

Kini menjabat Sebagai Dandim baru 0119  Bener Meriah yang sebelum nya di jabat oleh Letkol Inf Eko Wahyu Sugiarto yang kini menjabat sebagai Kasrem 011/Lilawangsa.

Ino Dwi Setyo Darmawan menceritakan pengalaman pengalamannya Setelah itu, saya melanjutkan dinas di Kodam 1 Bukit Barisan, Sumatera Utara, lalu Papua Barat, dan di Aceh hingga saat ini sampai di Daerah Dingin inj kata Ino Dwi Setyo Darmawan, Kamis (08-06-2023).

Baca Juga Artikel ini :  Pemkab Bener Meriah Tegaskan Gaji PPPK Tidak Bebani Daerah

Lanjut nya Di Papua, Ino Dwi Setyo Darmawan bertugas sebagai staf perencanaan. Saat itu baru dibuka Kodam 18 Kaswari.

“Tugas saya kala itu mengelar kesatuan merencanakan program dan anggaran kesatuan di seluruh wilayah Kodam 18 Kaswari,” . Bagi dia, bertugas di Papua memiliki kesan tersendiri.ujarnya

Ironisnya, Papua merupakan wilayah Indonesia yang membutuhkan perhatian untuk kesejahteraan.

Baca Juga Artikel ini :  Untuk Menjaga dan Memelihara Bahasa Gayo, 70 Guru Master Ikut Pelatihan 

Salah satu implementasi angkatan darat yaitu menggelar kekuatan yang cukup di wilayah tersebut. Selama menjadi prajurit TNI, Letkol Ino sudah tiga kali melakukan operasi militer, pertama operasi pametas di Maluku tahun 2005, operasi Pahmerawa di Maluku tahun 2006, dan operasi teritorial di Papua Barat tahun 2019,jelasnya.

Ia menambahkan Selama ikut operasi militer, kesannya memilki karakteristik yang berbeda-beda, namun kesamaannya harus kita pertahankan seluruh wilayah kedaulatan Republik Indonesia harus dipertahankan dengan baik,” ujanya

Baca Juga Artikel ini :  Dalam Kunjungan Presiden , Kapolres Bener Meriah Kirim  50 BKO ke Pidie Jaya

Kini, ia menjabat sebagai Dandim 0119 Bener Meriah. Menurut dia, daerah ini memiliki banyak unggulan dan keistimewaan bila dibandingkan dengan wilayah lain di Aceh, Bener Meriah terletak di dataran tinggi yang disuguhi keindahan alam yang eksotis dan berhawa sejuk.katanya

“Potensi yang dimiliki daerah ini harus dijaga dan kita majukan bersama-sama,” ujarnya.

Sebagian instansi vertikal, menurut dia, pihaknya juga memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat, dan menjaga kestabilan ketahanan dan keamanan,pungkas Ino (*)

Editor: *