Hari ini Dapil 3   Test  Uji Mampu Baca Alquran di KIP Bener Meriah

 

Poto Ketua DPRK Bener meriah test uji baca Alqur’an.Dok gayoposnews.com

BENER MERIAH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah mengelar  uji mampu baca Alquran Bakal Calon Legeslatip (bacaleg) DPRK Bener Meriah sebagai syarat mengikuti tahap bacaleg peserta pemilu 2023.

Tes mampu baca Alquran tersebut diselenggarakan oleh KIP Bener Meriah  di Kantor KIP setempat, Selasa (8-6-2023).

Ketua KIP Bener Meriah, Khairul Ahyar mengatakan, tes mampu baca Alquran bagi bacaleg DPRK Bener Meriah dilaksanakan selama 7 hari sejak 6 hingga 12 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga Artikel ini :  HEBAT....! Bener Meriah Daerah Terbaik Penanganan stunting di Aceh

“Hari ini yang mengikuti uji mampu baca Alquran Bacaleg yang mewakili daerah pilihan 3 meliputi Kecamatan Bandar, permata  Mesidah Bandar Kelipah ,dan Syiah Utama ”

“Kemudian tanggal 9  besok kembali lagi bacaleg dapil I, tanggal 10 Bacaleg dapil II, dan tanggal 11 bacaleg dapil III,” katanya.

Baca Juga Artikel ini :  Disdukcapil Bener Meriah Gelar Forum Konsultasi  Publik Dalam Penyempurnaan SP dan SOP

Menurutnya, tes mampu baca Alquran di laksanakan sesuai dengan keputusan KPU Aceh nomor 37 tahun 2023 tentang petunjuk teknis uji mampu baca Alquran bakal calon anggota  DPRK dari partai politik nasional dan partai politik lokal,ujar khairul Ahyar.

Ia menambahkan untuk dewan penguji, dari unsur MPU, LPTQ dan Kemenag Bener Meriah.

Masing-masing peserta, sebutnya, akan di berikan waktu lima menit di tempat untuk membaca ayat sesuai dengan undian sebelum di tes para penguji.

Baca Juga Artikel ini :  Lagi Lagi, Musibah Kebakaran Menimpa Kabupaten Bener Meriah

“Bagi peserta di beri kesempatan 5 menit untuk mencari ayat yang telah di tentukan sesuai undian yang di cabut peserta. Kemudian setiap peserta di beri waktu lima menit membaca Alquran di hadapan penguji,”jelasnya (*)