Gerak Cepat, Disdukcapil Bener Meriah Ganti Dokumen Kependudukan Korban Kebakaran di Kampung Delung Asli

Bener Meriah – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bener Meriah, mengganti dokumen kependudukan untuk para korban musibah kebakaran di Kampung Delung Tue Asli, Kecamatan Bukit, Kabupaten setempat.

Penggantian dokumen itu, dilakukan sehari setelah kejadian musibah kebakaran sehingga mempermudah para korban kebakaran untuk mengakses berbagai layanan paska kejadian kebakaran. Pasalnya, ada beberapa dokumen milik para korban yang rusak bahkan hilang setelah terjadinya musibah kebakaran.

Kadisdukcapil Bener Meriah,  Sasmanto, SE Kamis (10/8/2023) mengatakan, pihaknya telah menyerahkan dokumen kependudukan bagi warga korban kebakaran sebagai pengganti dokumen yang rusak maupun hilang. Dokumen yang diserahkan berupa 4 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), 1 Kartu Identitas Anak (KIA), 1 Kartu Keluarga  (KK) dan 2 Akte Kelahiran.

Baca Juga Artikel ini :  LUAR BIASA.! LPH Kampung Bukit Mulie, Kibarkan Bendera Merah Putih Di Savana Gunung Geureudong

“Proses penerbitan kembali dokumen kependudukan bagi warga yang tertimpa musibah atau bencana memang harus segera dilakukan. Begitu ada kejadian, Dinas Dukcapil langsung mendata dan menerbitkan kembali dokumen yang telah hilang atau rusak,” ungkap Sasmanto.

Baca Juga Artikel ini :  Pj Bupati Bener Meriah Serahkan SK Pengangkatan PPPK Tahun 2023

Dokumen tersebut dianggap sangat penting untuk kembali dimiliki oleh warga yang tertimpa musibah untuk mengakses berbagai layanan publik. Sedangkan untuk proses penyerahannya dilakukan oleh Sekretaris Disdukcapil Bener Meriah, Wahidi, S. Pd., MM didampingi oleh Koordinator PRK Kecamatan Bukit.

Usai menyerahkan dokumen tersebut, Wahidi menyebutkan, penggantian dokumen kependudukan untuk warga yang tertimpa musibah, buka pertama kali dilakukan di Bener Meriah, tetapi sudah beberapa kali dilaksanakan  kegiatan serupa jika ada insiden.

“Untuk tahun 2023, kami memberikan dokumen pengganti bagi korban bencana di Kampung Simpang Teritit dua kali, Kampung Bener kelipah utara dan di Kecamatan Permata sekali. Ini bertujuan memberi pelayanan bagi masyarakat dan kami harus siap memberikan yang terbaik bagi warga secara cepat,” ucapnya.

Baca Juga Artikel ini :  Desa Seni Antara  Ditetapkan Menjadi Gammawar  oleh ibu Gubernur Aceh

Musibah kebakaran di Kampung Delung Asli Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, terjadi pada Kamis (10/8/2023) dini hari, sekira pukul 01.00 WIB yang mengakibatkan 1 Rumah hangus terbakar. (*).