Gantole Itu Apa?  Mari kita Simak 

BENER MERIAH –  Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh- Sumut yang ke XXl yang sedang berlangsung, Kabupaten Bener Meriah merupakan salah satu tempat pertandingan cabang olahraga Gantole bertempat di Bandara Rembele.Sabtu (14/9).

Mungkin masyarakat belum tau apa itu  Gantole?

Gantole atau biasanya disebut dengan Layang Gantung adalah salah satu olahraga angin. Gantole disamping sebagai olahraga rekreasi bisa juga menjadi olahraga yang diperlombakan.

Dalam olahraga gantole alat yang digunakan adalah olahraga rekreasi atau kompetitif yang berhubungan dekat dengan gliding, tetapi menggunakan sejenis pesawat yang lebih sederhana, hanya terdiri dari sayap kain yang berangka-metal. Sedangkan pilot menggantung dengan sebuah harness yang terdapat dikerangka sayap dan melakukan kontrol dengan menggerakan badan terhadap rangka yang berbentuk segitiga yang juga menempel di kerangka utama.

Baca Juga Artikel ini :  Apel Kebangsaan, Lantunkan lagu Kebangsaan  Menggema di Puncak Merah Putih Bener Meriah 

Olahraga ini membutuhkan peralatan khusus dan persiapan yang matang untuk menjaga keselamatan diri, diantaranya:
Pesawat hang glider,Hang glider terbuat dari aluminium, serat karbon, dan kain layar fleksibel dan memiliki berat lebih dari 22 kg.
Sepatu bot,Sepatu bot berfungsi agar tidak terpeleset atau tergelincir saat meluncur atau mendarat.

Baca Juga Artikel ini :  Kontingen PKA Bener Meriah Berangkat Menuju Banda Aceh

Helm dan harness, Helm dan harness digunakan sebagai pengaman.
Radio, Radio digunakan untuk mengkomunikasikan posisi dengan penerbang lain atau pemandu. Mikrofon dapat dimasukkan ke dalam helm pilot agar komunikasi cepat dan mudah.
Variometer, Alat ini mengukur kecepatan vertikal, memetakan kecepatan naik atau turunnya glider.

Baca Juga Artikel ini :  Peringatan Nuzulul Qur'an di Bener Meriah, Hiasi Penutupan Festival Anak Sholeh

GPS, Perangkat GPS diperlukan untuk melacak rute udara sambal memantau teknik penerbangan.
Kesimpulan, olahraga gantole adalah olahraga ekstrem yang menawarkan pengalaman terbang di udara yang menyenangkan dan menantang. Oleh karena itu, sebelum mencoba olahraga gantole, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memahami teknik serta faktor keselamatan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri.(*)