BPK RI Bantu Pemda Bener Meriah Dalam Pengelolaan Dana Baitul Mal

BENER MERIAH –  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Aceh membantu memfasilitasi soal pengelolaan dana Baitul Mal di Kabupaten Bener Meriah.

Hal itu mengemukakan dalam pertemuan antara Pj Bupati Haili Yoga dengan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh, Masmudi S.E, M.Si., Ak. CA, CSF di Gedung Utama Kantor BPK RI,  Banda Aceh, Senin (3/4/2023).

Dalam pertemuan itu, Haili Yoga menjelaskan bukan berarti pengelolaan keuangan Baitul Mal  Bener Meriah tidak baik, tetapi pembinaan dari BPK RI sangat  diperlukan sehingga dana yang dikelola oleh Baitul Mal dapat lebih optimal.

Baca Juga Artikel ini :  Polres Bener Meriah Gelar Peringatan Nuzulul Qur"an dan Buka Puasa Bersama Serta Santunin Anak Yatim

“Kami ingin mendapat masukan dari BPK RI dalam penerimaan, penyaluran dan akuntabilitas pengelolaan zakat, infak dan sedekah karena saat ini Pemda juga memprioritaskan penanganan kemiskinan ekstrem dari program Baitul Mal,” kata Haili Yoga.

Menurut Haili Yoga, dijadwalkan dalam minggu ini akan dilakukan pelantikan anggota Baitul Mal Bener Meriah, sehingga diharapkan BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh, dapat memfasilitasi pembinaan untuk aggota Baitul Mal tersebut, termasuk juga staff di bagian sekretariat.

Baca Juga Artikel ini :  Maraknya Kasus Asusila Anak Di Bawah Umur Pemkab Bener Meriah Bahas Pembinaan Dan Penanganannya

“Sehingga nanti, para pengambil keputusan di Baitul benar benar paham terhadap pengelolaan keuangan sehingga bisa lebih akuntabel,” tuturnya.

Menanggapi permintaan PJ Bupati Bener Meriah, Kepala BPK RI, Perwakilan Aceh, Masmudi menyebutkan pihaknya akan membantu pemerintah daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki oleh BPK Rl.

Baca Juga Artikel ini :  Pelatihan ICT Kepala Sekolah dan Guru Tingkat SMP se Bener Meriah di Hotel Renggali

“Pada prinsipnya,  Badan Pemeriksa Keuangan berupaya terus mendorong pertanggungjawaban keuangan yang lebih baik bagi seluruh instansi pemerintah, termasuk Baitul Mal,” kata Masmudi.

Pada pertemuan itu, Pj Bupati Bener Meriah,  didampingi Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Bener Meriah, Marwan, SE, M.Si dan Plt Kepala Dinas Transmigrasi dan Naker Bener Meriah, Usman, S.Pd.(*)

Penulis: *