Menjelang Meugang di Bener Meriah, Pastikan Daging Hewan Aman Sehat Utuh dan Halal 

BENER MERIAH – Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Bener Meriah telah melakukan  pendataan persediaan stok menjelang  Meugang Ramadhan 1445 H, sebanyak 294 ekor dan dipastikan daging hewan Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH). Kamis (07- Maret-2024)

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah Ir. Abadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Perikanan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bener Meriah Drh. Ismail Harun, mengatakan, berdasarkan data yang kita peroleh di lapangan jumlah kerbau dan sapi sebanyak 294 ekor.

Baca Juga Artikel ini :  Mantap.! Bener Meriah Usul 1.334 Formasi PPPK Tahun 2023,

“Biasanya pasokan hewan ternak ternak di dari dalam daerah kita hanya bisa menutupi 30 persen kebutuhan masyarakat di Bener Meriah sedangkan untuk sisanya di datangkan dari luar daerah Kabupaten Bener Meriah

Baca Juga Artikel ini :  Waw, Pencuri Ayam Terekam CCTV di Rebe Tue Bale Redelong

Ismail Harun juga mengatakan, selain melakukan pendataan pihaknya juga akan melakukan pengecekan kesehatan kepada hewan-hewan yang akan di sembelih untuk meugang nanti.

“Mengecekan ini bertujuan untuk mencari gejala klinis penyakit hewan menular dan zoonosis, mencegah kontaminasi dari hewan atau bagian dari hewan yang menderita penyakit”

Lanjutnya, menentukan status hewan dapat dipotong, ditunda atau tidak boleh dipotong, tentu agar nanti daging di konsumsi oleh masyarakat kita Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

Baca Juga Artikel ini :  Bagian Organisasi Sekdakab Bener Meriah Gelar Forum Konsultasi Publik Terkait SP dan SOP

“Nanti di hari meugang pertama dan kedua akan ada petugas termaksud saya yang akan turun ke pasar – pasar daging di Bener Meriah untuk memastikan daging yang di jual pedangang ASUH,” demikian jelas Ismail Harun.(*)