LUAR BIASA,! Katahati Enterprise Perkenalkan Olahan Janeng dan  Aren Samar Kilang di Women Ecopreneur Fest Bali

BENER MERIAH – Katahati Enterprise memperkenalkan produk olahan janeng dan aren dari Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah di even Women Ecopreneur Fest yang diselenggarakan di Ubud, Bali mulai 18 hingga 21 Agustus 2023.

Direktur Eksekutif Katahati Institute, Raihal Fajri dalam pers releasenya yang diterima, Senin (21/8/2023) mengatakan, Women Ecopreneur Fest menjadi wadah bagi sembilan UMKM perempuan di Indonesia untuk memasarkan dan memperkenalkan produk bisnis yang sudah dikembangkan melalui presentasi bisnis, pameran produk, dan workshop pengrajin.

Baca Juga Artikel ini :  PNA Kibarkan Bendara di Kantor KIP Bener Meriah Membawa 30 Nama Bacalegnya

“Dengan menyasar pengrajin lokal yang menjangkau 6 provinsi di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Nusa Tenggara Timur. Mereka mengembangkan produk dan usahanya melalui keterampilan dan nilai kearifan lokal daerah masing-masing yang kemudian memiliki nilai ekonomis tinggi,” kata Raihal Fajri.

Dia menambahkan, sebagai program akselerator dari Women’s Earth Alliance dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Direct Aid Program. Program ini diluncurkan untuk mendukung percepatan pertumbuhan bisnis hijau dan berkelanjutan pasca Covid-19.

Baca Juga Artikel ini :  KABAR GEMBIRA, Bidan Bener Meriah Mendapatakan 606 Kuota P3K Pada HUT Ke-72 IBI

Katahati Enterprise sebut Raihal Fajri, merupakan brand dari unit usaha Perempuan Gayo Sejahtera yang diinisiasi oleh Katahati Institute di Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama,  Kabupaten Bener Meriah.  “Katahati Institute memboyong ibu-ibu perwakilan pengrajin dari Samar Kilang  di even internasional ini, diantaranya Ketua Kelompok Markilang, Rauyah, dan Ketua Samaren, Saedah,” jelasnya.

Kelompok Markilang bergerak dalam bidang usaha janeng, sedangkan Kelompok Samaren bergerak di usaha aren. “Ini merupakan pengalaman pertama bagi kedua ketua kelompok dalam mengikuti event di luar Aceh setelah pendampingan dua tahun yang dilakukan Katahati Institute di Samar Kilang,” sebut Raihal Fajri.

Baca Juga Artikel ini :  Mahasiswa KKN kelompok 06 Desa Jamur Atu Kolaborasi Bersama Kapolsek Mesidah Melakukan Penghijauan

Menurut Raihal Fajri, even Women Ecopreneur Fest menjadi momentum perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai pengingat masyarakat terhadap arti penting berdaya bagi perempuan dan mendukung kemerdekaan bangsa melalui kecerdasan dan kepiawaiannya. (*)