Desa Sepeden Timang Gajah Masuk Enam  Besar Kampung Keluarga Berkualitas di Aceh

BENER MERIAH – Desa Sepeden, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, masuk dalam enam besar Kampung Keluarga Berkualitas (KB)  di Provinsi Aceh. Masuknya Desa Sepeden menjadi kampung KB sehingga dilakukan penguatan serta pembinaan serentak dan menyeluruh.

Kegiatan penguatan Kampung KB dilakukan dengan cara pemilihan desa terbaik melalui seleksi berkas yang dilaksanakan di tingkat provinsi. Penilaian lomba Kampung KB ini, telah dilakukan selama dua tahun oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) .

Adapun ditunjuknya Desa Sepeden untuk mengikuti lomba Kampung KB dipilih oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bener Meriah, untuk mengikuti perlombaan dengan membuat profil Kampung KB .

Dalam kegiatan ini yang dilihat  proses  pembinaan dari  Kampung KB sehingga dapat menjadi desa  Yang berkualitas. Ada tiga tim yang akan menilai dari beberapa aspek diantaranya Rumah Data Kependudukan (RDK) dan Kegiatan Dasyat (Dapur Sehat Atasi Stunting), Kelompok Kegiatan (Poktan) , dan Kelompok Kerja (Pokja).

Baca Juga Artikel ini :  Usai Dzikir dan Do'a Bersama, Pj Bupati Bener Meriah Bersama Forkopimda Keliling Pantau TPS 

Kepala Seksi Bidang Pengendalian Penduduk dan Penyuluhan, DP3AKB, Susmawarti, S.ST.M.Kes mengatakan, Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW atau kampung yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program bangga Kencana yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.

“Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program Bangga Kencana serta pembanguanan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Ada beberapa kegiatan di Kampung KB diataranya pertemuan kelompok kerja,” ujar Susmawarti.

Baca Juga Artikel ini :  Kedekatan Emosional Kekeluargaan, Hantarkan Junaidi Ke Kursi Dewan

Pertemuan kelompok kerja itu, lanjut Susmawarti,  menerapkan delapan fungsi keluarga, diantaranya kegiatan kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Kelurga Remaja (BKR), Bina Kelurga Lansia (BKL), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). “Termasuk juga Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA),” rinci Susmawarti.

Sementara itu, Kabid  Pengendalian Penduduk dan Penyuluhan, DP3AKB, Istisarah, AM, SKM menambahkan, Kegiatan penilaian Kampung KB dilakukan untuk mengevaluasi perkembangan proses pembinaan yang telah dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di kampung Keluarga KB.

“Baik Pokja, Poktan dan kegiatan Rumah Data Kependudukan. Evaluasi kegiatan di Kampung KB juga dilakukan melalui Website Kampung KB dan Website Rumah Data Kependudukan yang diisi setiap ada kegiatan,” jelasnya.

Baca Juga Artikel ini :  Mahasiswa Minta, Ahmad Fitra Suami Shella Shaukia Maju di Pilkada Bener Meriah

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Tim BKKBN Provinsi Aceh, diantaranya penanggung jawab kegiatan, Muhammad Razali,  tim penilaian kegiatan kelompok kerja Kampung KB,  Efi yanti, SH, tim penilai Rumah data kependudukan dan dahshat dikampung Keluarga Berkualitas, Erine Sartika Ayu, S.Psi dan tim penilai Poktan, BKB, BKR, BKL, PIK-R dan UPPKA, Nanda mashitah, SKM.

Sedangkan Tim dari DP3AKB Bener Meriah, terdiri dari Kadis, Edi Jaswin, Kabid Dalduk, Istisarah, AM, SKM, Kasie Dalduk  PKB dan PLKB kecamatan Gajah Putih, Susmawarti, SST, M.Kes. Kegiatan Kampung KB, Desa Sepeden Timang Gajah, Kecamatan Gajah Putih diharapkan dapat mewakili Aceh ke tingkat Nasioanal dan menjadi juara. (*)

Penulis: *